Arya Gunawan

Icon

Nya Ini Siapa Punya?

Berikut ini penggalan fitur-berita berjudul “Wali Kota Itu Siswa Kelas I SMA” (Koran Tempo, 30/11/2005). Sessions dibayar US$ 3.600 setiap bulannya untuk bekerja sebagai wali kota selama tiga jam setiap harinya, pukul 15.00-18.00. Sehabis itu, kata Kepala Sekolah SMA Hillsdale, Peter Beck, ia tetap harus mengerjakan pekerjaan rumahnya. “Saya sudah bilang ke dia,” katanya. Penggalan itu menceritakan Michael Sessions (18), wali kota termuda dalam sejarah Amerika Serikat. Ada empat -nya di situ yang berpeluang membingungkan pembaca.

Kutipan berikut dari berita halaman muka Kompas (10/2/2007). “Sebagian warga sudah mulai membersihkan rumahnya…”, kata Dahlia, warga Gang Mesjid Lama, Petamburan. Contoh lain ditemukan pula pada berita halaman 3. Korban kasus pelanggaran hak asasi manusia Talangsari, Lampung, dan keluarganya kecewa atas sikap Komisi Nasional HAM… Mereka menilai Komnas HAM tak memiliki kesungguhan hati…

Salah satu jabatan -nya dalam bahasa Indonesia adalah kata ganti orang ketiga tunggal. Dalam contoh di atas, -nya digunakan secara tak tepat. Ambil tiga contoh dari Kompas tadi: subyek kalimat berwujud lebih dari satu alias jamak. Seharusnya kata ganti posesif yang digunakan adalah mereka, bukan -nya.

Seolah tak konsisten, Kompas (10/2/2007) justru menghindari penggunaan -nya untuk kata ganti posesif ketiga jamak secara jitu. Dari Gaza dilaporkan, warga Palestina berpesta menyambut kesepakatan ini. Para pengemudi membunyikan klakson. Mereka juga memasang bendera Hamas dan Fatah sekaligus di mobil mereka (halaman 8). Kata ganti posesif, mereka, mewakili warga Palestina atau para pengemudi yang tentu saja jamak.

Kesulitan mengurus -nya juga dihadapi media siaran. Simak beberapa contoh. Setahun sekali pada saat Lebaran semacam ini mereka dikunjungi oleh keluarganya (berita pagi sebuah stasiun teve, 5/11/2005). Oleh para sopir truk, minyak “irex” itu akan dicampur solar untuk bahan bakar truknya (berita pagi SCTV, 20/3/2006). Sebagian warga kini mengungsi ke rumah sanak keluarganya yang lebih tinggi (berita pagi ANTV, 23/3/2006). Usai menyantap katering yang disediakan pabriknya, puluhan buruh mengalami keracunan (berita pagi, Trans TV, 5/5/2006).

Ada satu lagi jenis kekeliruan ihwal penggunaan -nya seperti contoh-contoh berikut. Sungai Deli adalah sungai yang mengalir di tengah kota Medan. Hampir setiap tahunnya, banjir sungai Deli menenggelamkan rumah yang terletak di bantaran sungai (berita pagi, Trans TV, 11/5/2006). Berdasarkan kerja sama itu pemerintah akan mendapatkan 40 triliun per tahunnya (berita tentang blok Cepu, SCTV, 22/3/2006). Dapatkan 20 unit Nokia 3250 setiap harinya (dari sebuah iklan). Atau, contoh yang terbilang lebih mutakhir. Langkah ini ternyata tidak bisa membendung derasnya laju lumpur yang terus keluar sekitar 120 ribu meter kubik setiap harinya (Koran Tempo, 12/2/2007).

Nya pada semua contoh di atas, juga pada dua contoh pertama yang dikutip di alinea pembuka tulisan ini, tak merujuk ke suatu apa pun, tak juga ke satu subyek yang hendak digantikan. Atau, mungkin para penulis kalimat-kalimat tersebut bisa menunjukkan siapa gerangan pemilik semua -nya itu?

Filed under: Bahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: